Sabtu, 08 Februari 2014

Cara Mudah Instal Ulang Pacth 206

Jika gagal instal Pacth Dapodikdas Versi 206 kita mesti melakukan backup data dan reinstal aplikasi Dapodikdas serta melakukan restore data backup. kalau bahasa umum nya instal ulang aplikasi dapodikdas, cukup report (cape gawe) dan menyita kecermatan dan ketelitian dalam prosesnya.
Bagaimana tidak, coba saja setelah kita instal pacth 206 namun gagal kita ingin melakukan instal pacth lagi jawabannya (Pacth 206 sudah terpasang di aplikasi) membingungkan dan pikir akhirnya instal ulang aplikasi, karena dengan Ctrl+f5, atau f5 atau ctrl+r yang berulang ulang tak menjadikan jawaban..

Nah Para Sahabat ada sedikit trik jika tidak ingin melakukan instal ulang aplikasi Dapodikdas dan jika mengalami gagal Instal Pacth 206.,berikut trik yang bisa para sahabat terapkan, mungkin bermanfaat jika keadaan terdesak namun saya tidak menyarankan untuk main-main akan aplikasi dapodikdas dan cara ini.

Mari kita simak cara berikut:
1.Ada yang tahu aplikasi notepad yang sudah tertanam di PC/Laptop. cari si Notepad itu, ketika bertemu pilih klik kanan dan pilih open atau Run As Admininistrator.

Sudah, kita lanjut tahap
2. Buka notepad dengan cara pilih file klik open








Cara ketiga cermati kita akan pilih Folder C:Program files atau Program Files (86/Win 8)>Dapodikdas>Config

Jangan lupa pilihan notepad simpannya All Files








Muncul File dengan tulisan instal dan para sahabat setelah lihat pilih dan buka file yang bertuliskan tersebut, perhatikan ada tulisan Last 206. Hapus tulisan tersebut dan save.
[config]
dbport=5432
httpdport=80
hostnamewithoutport=cyber-pc
hostname=cyber-pc
hostnamelocal=localhost
defhttpdport=80
DefDBPort=5432
appname=Dapodikdas
last=2.0.6


Jangan lupa sekali lagi di save, selesai silahkan coba instal ulang pacth 206 tadi yang mengalami gagal instal, namun sekali lagi ini hanya sekedar trik yang dipakai jika sudah terdesak dan bukan untuk main-main akan data Dapodik para Operator Sekolah untuk kepentingan sekolahnya. dengan cara instal ulang pacth 206 tanpa Reinstal Aplikasi

Semoga Bisa Membantu