Senin, 04 September 2017

RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
Matematika pada kelas 5 Sekolah Dasar atau SD kurikulum 2013 memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran tersendiri, RPP Matematika kelas 5 SD kurikulum 2013 ini sama hal nya dengan RPP PJOK Kurikulum 2013 secara administrasi dan pengajaran terpisah dari tematik, nah untuk RPP Matematika K13 ini kami bagikan sedikit contoh untuk jenjang kelas 5 SD pada kurikulum 2013, rpp ini kiranya sangat bermanfaat bagi rekan semua sebagai bahan referensi.

Baca juga
Sebagai contoh RPP kelas 5 Matematika Kurikulum 2013 Revisi Semester 1

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.1. Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

Indikator
3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1.1. Mengidentifikasi masalah dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

C. TUJUAN
1. Siswa mampu memahami arti dari bilangan berpangkat
2. Siswa mampu menjelaskan dari bilangan berpangkat
3. Siswa mampu memahami operasi bilangan berpangkat dua dan tiga.
4. Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan berpangkat
5. Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan berpangkat

D. MATERI
1. Bilangan berpangkat

E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan  : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
A. Mengamati
1.  Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan berpangkat dua dan
2. Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat

B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan berpangkat
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan berpangkat
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan berpangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bilangan berpangkat dua dan tiga

D. Mencoba
1. Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan berpangkat.
62= ….
33= ….
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian

Hasilnya;
6 x 6 = 36
3 x 3 x 3 = 27

E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan berpangkat
2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan berpangkat yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru.

DOWNLOAD RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1