Sabtu, 27 Januari 2018

RPP PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru

RPP PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru
RPP PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru, RPP PJOK K13 Revisi tahun 2017 yang kami bagikan ini merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran penjas atau pendidikan jasmani pada semester 1 dan 2 PJOK SD/MI kami lengkapi dengan silabus, program semester, jurnal harian, Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan juga memiliki kegiatan yang terpisah dari unsur tematik, pada kelas rendah. RPP Penjas Kurikulum 2013 Revisi ini akan sangat baik digunakan oleh rekan-rekan guru olahraga.

Contoh RPP PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

PJOK
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
3.5.1 Gerak bertumpu dengan tangan
Gerak bergantung
Gerak ayunan
Gerak melayang
Gerak mendarat
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5.1 Siswa mencoba tugas gerak beladiri ke dalam permainan yang dimodifikasi dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Ayo Berlatih
Ajak siswa untuk bermain ”Lakukan dan Katakan”
Bagi siswa menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok LAKUKAN dan kelompok KATAKAN. Perwakilan dari kelompok LAKUKAN bertugas untuk melihat gambar yang ditunjukkan oleh guru dan melakukan gerakan sesuai isi gambar.
Kelompok KATAKAN bertugas untuk  mengucapkan kata ajakan sesuai gerakan yang ditunjukkan oleh kelompok LAKUKAN secara bersama-sama.
Lakukan secara bergantian.
Untuk dapat melakukan asesmen terhadap pemahaman siswa, kegiatan menyebutkan kata ajakan secara berkelompok dapat diganti menjadi menyebutkan kata ajakan secara individu.
Jika siswa kesulitan memahami maksud dari gerakan yang ditunjukkan oleh temannya, guru dapat memberikan bantuan dengan menunjukkan gambar.
Akhiri kegiatan dengan menyebutkan secara bersama-sama kata-kata ajakan yang terdapat dalam buku siswa yaitu: Ayo, Yuk, Mari.
Ayo Mencoba
Guru mengajak siswa berkumpul di lapangan dengan menggunakan kalimat ajakan dan menekankan bahwa kata/kalimat ajakan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Lakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga

Download RPP PJOK K13 Revisi 2017

kemudian ajak siswa berkumpul di lapangan terbuka yang telah dilengkapi dengan papan titian.
• Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai apa yang diketahui tentang senam lantai.
• Jelaskan sikap keseimbangan sebagai salah satu hal yang harus dikuasai dalam melakukan senam lantai.
• Guru memberikan contoh sikap berjalan di titian sebagai salah satu sikap keseimbangan dalam senam lantai.
• Minta salah satu siswa yang bersedia untuk menjadi contoh dalam melakukan gerak berjalan di titian bagi teman-temannya.
• Setelah mengamati contoh, minta siswa berbaris dan bersiap berjalan di papan titian.
Minta siswa untuk saling mengamati gerakan yang dilakukan.
• Setelah seluruh siswa dirasa telah memahami aturan dalam melakukan gerak minta siswa untuk melakukan secara bergantian.
• Awasi kegiatan yang dilakukan oleh siswa sambil mencatat kemampuan mereka dalam mencapai kompetensi yang dimaksud

Unduh Juga