Senin, 24 Desember 2018

RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kelas 3 semester dua k13 revisi 2018, kelas III Sekolah Dasar yang terbaru ini kami sengaja bagikan lebih awal untuk contoh RPP Kurikulum 2013 revisi baru, pada bagian ini sudah  menjadi bagian referensi dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013.

RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, Beberapa tema dan subtema pada semester dua adalah sebagai berikut dibawah ini yang bapak/ibu ketahui lebih awal

  • RPP Kelas 3 Tema Cuaca 
  • RPP Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya 
  • RPP Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi
  • RPP Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana

Baca Juga



Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

INTI KOMPETENSI (KI)
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Memiliki kesadaran jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam keluarga, teman, dan guru.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengundang (mendengarkan, melihat, membaca) dan bertanya tentang rasa ingin tahu tentang diri sendiri, membuat karya Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas koleksi kehidupan, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1. Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap kehidupan, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui bahasa Indonesia dan / atau bahasa daerah.
3,1 Menggali informasi dari teks laporan konsultasi hasil pengamatan tentang wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, permukaan bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia dengan bahasa daerah untuk membantu memahami.

4.1 Mengamati dan mengolah isi laporan penelitian hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, bentuk bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam kaitannya dengan yang membantu anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.1 Membuat laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.2 Menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima dan memulai pengajaran agama yang dianutnya.
2.1 mengambil sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyelesaikan dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6. Membentuk dan menggambar berbagai bidang yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lain.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12.1 Mengidentifikasi bentukbentuk bangun datar.
3.12.2 Menjelaskan hubungan dua bangun datar.
4.6.1. Membuat melayang dan menggunting.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam melakukan seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1.
2.2 menerima rasa ingin tahu di lingkungan alam di sekitar untuk mendapatkan ide di dalam seni senior.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di Lingkungan sekitar.

Download RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu Bumi dan Alam semesta, dan subtemanya, yaitu Bumi bagian dari Alam Semesta.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Bila memungkinkan, guru menceritakan sepenggal cerita yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari siswa. Bahan cerita dapat diambil dari berbagai sumber, baik pengalaman pribadi maupun dari buku, dan berita di berbagai media.