Selasa, 01 Januari 2019

Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018

Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018
Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018, silabus lengkap dalam model satu paket, untuk Sekolah Dasar SD/MI k13 Revisi tahun 2018 semester 1 dan 2, tak hanya silabus dan pembagian jam kurikulum 2013 dalam model silabus ini namun juga beberapa contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Kurikulum 2013.

Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018, dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan merupakan suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan.  Satuan pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini atau dapat juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Selain itu, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu dapat menggunakan Silabus Mata Pelajaran di SD/MI yang terpisah dari dokumen ini.

Baca Juga

  • Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2
  • Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013

  • Daftar Tema Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018

    Kurikulum 2013 memiliki tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi baru dan penerus bangsa yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.  Untuk itu, perancangan kurikulum 2013 perlu memperhatikan kebutuhan siswa saat ini dan di masa depan yang dinamis ditengah pengaruh globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia.  

    Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia itu, misi dan orientasi kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar siswa memiliki kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini dan di masa mendatang. Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga kompetensi, yaitu: (1) menguasai pengetahuan; (2) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan; (3) menumbuhkan sikap spiritual dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa

    SD Indonesia Raya berlokasi di Kabupaten Bogor. Visi Sekolah adalah “Menyiapkan generasi pemimpin masa depan”. Misi Sekolah adalah “Mendidik calon pemimpin masa depan dengan cara: membangun kesadaran akan Tuhan, menerapkan standar internasional, hidup dalam karakter mulia, dan menghormati nilai-nilai keIndonesiaan”.
    Tema “Organ Gerak Hewan dan Manusia” dengan sub tema “Di Kandang Kelinci” dan penjabaran RPP pembelajaran “Hari-1” dipilih sebagai contoh agar satuan pendidkan lain bisa mencontoh cara pengembangan disesuikan dengan karakteristik/kekhasan sekolah masing-masing. Berikut contoh silabus yang selanjutnya dijabarkan dalam bentuk RPP.

    Download Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018

    Pembelajaran tematik terpadu memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
    1. Peserta didik mencari tahu, bukan diberi tahu.
    2. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling dekat dengan kehidupan peserta didik.
    3. Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan berbagai konsep, keterampilan dan sikap.
    4. Sumber belajar tidak terbatas pada buku.
    5. siswa dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatan yang dilakukan
    6. Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran agar dapat mengakomodasi siswa yang memiliki perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap suatu topik.
    7. Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak dapat dipadukan dapat diajarkan tersendiri.
    8. Memberikan pengalaman langsung kepada siswa(direct experiences) dari hal-hal yang konkret menuju ke abstrak.
    9. Pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutan Pembelajaran, melainkan bentuk Pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru dapat melakukan penyesuaikan.