Jumat, 08 Februari 2019

Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, soal dan kunci jawaban semester genap kelas 6 SD/MI K13 Revisi 2018 PTS/UTS yang kami bagikan ini berdasarkan kisi-kisi yang telah di buat sebelumnya, kumpulan soal ujian sekolah ini tentu saja sangat baik dijadikan referensi bagi rekan guru di seluruh Indonesia.

Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, Kunci jawaban tersedia di akhir soal dalam unsur HOTS, PPK,4C soal soal ini pada bentuk pilihan ganda,isian maupun essay pastinya bisa di edit oleh rekan guru semua.

Baca juga

Soal UTS Kelas 3 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Silabus Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018
RPP Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Contoh Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 
7. Bacalah teks pidato berikut ini!

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua.

Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini.  Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.    

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek. Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu.

Suasana  yang tergambar pada pidato diatas ialah…
a. Gembira 
b. Sedih
c. Tenang
d. Terharu

8. Poin penting yang terdapat pada teks paragraf pertama ialah…
a. Tanggal 21 April merupakan hasil bersejarah bagi bangsa Indonesia
b. Sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.
c. Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil
d. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.

Download Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

IPS
13. Wewenang bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang sejahtera dengan kekuasaan serta menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri ialah pengertian dari...
a. Tujuan diproklamasikan kemerdekaan bangsa indonesia
b. Makna proklamsi kemerdekaan
c. Pengertian dari proklamsi kemerdekaan
d. Unsur dari proklamsi kemerdekaan

14. Tujuan negara berdasarkan pembukaan UUD 1945 ialah kecuali…
a. Melindungi segenap bangsa dan negara
b. Memajukan kesejahteraan umum
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa
d. Memicu keributan

15. Berikut ini anggota negara yang tergambung dalam ASEAN yaitu kecuali…
a. Indonesia
b. Mesir
c. Myanmar
d. Philipina 

16. Negara yang luas nya sangat kecil dibanding dengan negara lainnya ialah…
a. Malaysia
b. Vietnam
c. Singapura
d. Laos

Unduh Soal PTS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018